• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Singapura Terinfeksi Virus Corona, Diawali Sakit Tenggorokan

24 January
11:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Singapura : Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) akhirnya mengumumkan satu kasus positif virus Corona. Seorang pria 66 tahun, asal Kota Wuhan, China, tempat awal virus tersebut berawal, positif terinfeksi. Pria lanjut usia itu datang ke Singapura untuk berlibur, dan tiba di Singapura, Senin, 20 Januari 2020 lalu, bersama sembilan orang rekan dan keluarganya.

Dia disebut datang dengan menumpang pesawat China Southern Flight CZ351, yang terbang melalui Guangzhou, China. Demikian dilansir The Straits Times, Kamis (23/1/2020).

Awalnya pria tersebut mengeluh sakit tenggorokan ketika berada di dalam pesawat dalam penerbangan dari Guangzhou menuju Singapura. Dia tidak mengalami demam. Akan tetapi, keesokan harinya, di Singapura, ia mengalami demam disertai batuk. Dua hari kemudian ia datang memeriksakan diri ke Singapore General Hospital (SGH).

Saat diperiksa, tim dokter lantas mencurigai virus Corona karena tanda-tanda awal terjangkit sama, dari sakit tenggorokan, demam, batuk. Dari kecurigaan, tim dokter meneruskan pemeriksaan dengan seksama, hingga mengeluarkan result bahwa pria asal Kota Wuhan berusia 66 tahun tersebut positif terjangkit virus bernama 2019-nCoV atau sudah dikenal luas dengan Coronavirus.

BACA JUGA: Virus Corona Diduga dari Pasar Huanan, Jual Ular dan Koala untuk Dimakan

Pria itu langsung diisolasi dan tim dokter segera melaporkan hal itu kepada Kementerian Kesehatan Singapura (MOH).

Walau dipastikan terinfeksi Coronavirus, pria asal Wuhan tersebut dinyatakan stabil. Yang bersangkutan dipastikan tidak berbahaya untuk keselamatan publik. Dan berdasarkan keterangan yang dihimpun, ia datang ke Singapura memang untuk berlibur dan menginap di Hotel Shangri-La’s Rasa Sentosa yang terletak di daerah wisata Pulau Sentosa. 

Sumber di Kementerian menyatakan, putra dari pria yang tak disebutkan namanya itu saat ini sedang dirawat karena dicurigai juga terinfeksi virus Corona. Sedangkan delapan orang yang masuk dalam rombongan pun langsung dikarantina oleh otoritas hingga dua pekan ke depan. Demikian seperti dikonfirmasi MOH, Jumat (24/1/2020).

Selain menangani satu pria terinfeksi dan delapan orang lainnya, saat ini Pemerintah Singapura sedang mengidentifikasi dengan cara menghubungi satu persatu dari 30 penumpang yang satu pesawat dengan si pria lanjut usia asal Wuhan itu.

Langkah sigap dan cepat yang ditunjukkan Pemerintah Singapura tidak mengejutkan mengingat negara itu pernah dihantam wabah SARS (Sindrom Pernapasan Akut Parah), pada Februari 2003 silam. Virus mematikan itu menginfeksi 238 orang, dimana 33 dari mereka akhirnya meninggal dunia. 

Kala itu, Singapura butuh tiga bulan untuk menghentikan penyebaran virus yang berasal dari China daratan tersebut. Wabah SARS berhasil mengguncang ekonomi negara itu karena anjloknya kunjungan wisatawan selama beberapa bulan akibat SARS. (Foto: Reuters/Kim Kyung Hoon)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00