• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ribuan Masyarakat Ikut Kirab Kebangsaan Merah Putih di Semarang

24 January
12:37 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Kirab Kebangsaan Merah Putih untuk memperingati Haul Habib Hasan dan Haul Habib Thoha bin Muhammad bin Yahya sekaligus menumbuhkan semangat persatuan diikuti sebanyak 10.000 orang, Jumat (24/1/2020). 

Kirab diawali penyerahan bendera merah putih dari Ulama Habib Muhammad Luthfi kepada perwakilan peserta kirab. Kemudian, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi melepas bendera start tanda Kirab Kebangsaan Merah Putih dimulai. 

Marching Band dari PIP Semarang mengawali jalannya kirab Kebangsaan Merah Putih, dilanjutkan oleh komunitas masyarakat Tionghoa dan penampilan kostum Semarang Night Carnival (SNC).

Peserta dari berbagai kalangan seperti kepolisian, TNI, sejumlah ormas, komunitas tionghoa, para santri, dan siswa juga turut melakukan long march dengan membawa bendera merah putih sepanjang 450 meter.

Adapun rute kirab mulai dari Jalan Depok – Jalan MH Thamrin – Jalan Pandanaran – Lapangan Simpanglima Kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Kirab Kebangsaan Merah Putih ini merupakan inisiasi Habib Lutfi mengajak warga Kota Semarang untuk meningkatkan rasa nasionalisme religi. 

"Beliau adalah ulama besar yang punya garis keturunan yang yang dimakamkan di Semarang. Sekarang Beliau menginisiasi gerakan longmarch merah putih," ujarnya kepada RRI, Jumat (24/1/2020).

Dikatakan Hendi sapaan akrbanya, Habib Lufti ingin acara ini menjadi salah satu upaya untuk mengangkat sektor pariwisata religi. Selain makam luhur dari Habib Lutfi, Kota Semarang juga mempunyai jalur religi yang cukup banyak, semisal Ki Soleh Darat, Ki Ageng Pandanaran, dan Sunan Terboyo. 

"Ini coba terus diangkat oleh Beliau. Semarang dari dulu tokoh perjuangannya adalah nasionalis religi," tuturnya. 

Hendi mengajak untuk tidak membeda-bedakan kelompok satu dengan yang lain. Ia ingin warga Kota Semarang terus kompak untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00