• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Mengintip Persiapan Klenteng Eng An Kiong Malang Jelang Imlek

24 January
12:34 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Perayaan tahun baru imlek 2571 disambut suka cita oleh warga Tionghoa di Kota Malang, Jumat (24/01/2020).

Warga bergotong royong memandikan rupang para dewa. Selain itu, seluruh ornamen, altar dan aksesoris pendukung di Klenteng Eng An Kiong juga dibersihkan untuk menyambut tahun tikus logam ini.

Sebelumnya, satu per satu patung dewa diturunkan dari altar dan dimandikan. Secara bergantian, patung tersebut dibersihkan dengan disiram air sabun. Setelah dianggap bersih, patung tersebut kemudian disiram menggunakan air kembang tujuh rupa.

Humas Klenteng Eng Ang Kiong Malang, Bonsu Anton Triono mengungkapkan, pembersihan altar dan rupang dewa dilakukan agar dewa-dewi kembali suci. “Dewa-dewi kembali suci ketika memberikan bimbingan dan menunjukkan jalan pada manusia dalam setahun ke depan,” katanya.

Saat ini, jemaat klenteng tersebut berasal dari tiga agama yakni Konghucu, Thao, dan Budha. Klenteng yang terletak di Jalan Martadinata Kota Malang ini didirikan pada 1825 silam. ”Sebelum patung dibersihkan, umat melakukan sembahyang untuk mengantarkan dewa dewi ke langit, mereka melaporkan amal perbuatan manusia selama satu tahun terakhir kepada Tuhan,” tutur Bonsu. 

Nantinya, puncak perayaan imlek akan digelar pada 8 Februari 2020. Dalam momen itu, jemaat klenteng Eng An Kiong Malang akan membagikan ribuan porsi lontong Cap Go Meh pada seluruh warga yang datang ke klenteng. “Nanti saat Cap Go Meh pasti ramai, banyak warga berkumpul,” tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00