• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Sambut Imlek, Ratusan Lampion Semarakkan Taman Ya'ahowu Kota Gunungsitoli

24 January
17:11 2020
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Sejumlah orang tampak sedang bekerja membangun gapura pada pintu masuk Taman Ya’ahowu Kota Gunungsitoli. Mereka berupaya supaya pengerjaan gapura tersebut bisa segera tuntas jelang Perayaan Imlek 2571 tahun 2020 tepat tanggal 25 Januari besok.

Menyambut Perayaan Imlek di Kota Gunungsitoli selain membangun Gapura yang memiliki makna khusus bagi warga etnis tionghoa,  mereka juga sudah memasang ratusan lampion di areal taman Yaahowu, termasuk di sepanjang jalan mulai dari depan Vihara Vimala Dharma Gunungsitoli sampai di tugu durian//

Kepada RRI, Koordinator Perayaan Imlek 2571 tahun 2020 kota gunungsitoli David Wong mengatakan pemasangan lampion merupakan salah satu persiapan warga menyambut imlek dan merayakan Cap Gomeh tanggal 8 Januari 2020 mendatang. Lampion yang terpasang ini jelasnya baru sekitar 500 saja sedangkan lampion yang tersedia sekitar 1000 buah.

“Kita sudah mulai sejak 2 minggu yang lalu, ini baru sekitar 500 lampion yang sudah terpasang, kita siapkan 1000 lampion, makanya kita usahakan bisa terpasang seluruhnya sebelum Cap Go Meh”, kata David menjelaskan.

Sebelumnya juga umat Vihara Vimala Dharman Gunungsitoli melakukan bersih-bersih wihara. Mereka membersihkan patung, mengganti minyak dan hio, siap menyambut tahun baru imlek.

Sementara Jelang Perayaan Imlek besok ungkap David, malam ini warga etnis Tionghoa menggelar Sa Cap Meh atau perayaan malam tahun baru, dimana seluruh keluarga berkumpul di rumah keluarga yang paling tua dan  makan bersama. Besok tepat pada tahun baru imlek warga tionghoa akan melakukan sembayang di vihara atau dirumah ibadah dan dirumah masing-masing pada pukul 6 pagi, kemudian dilanjutkan dengan acara berkunjung ke rumah sanak saudara, dimana yang muda akan mengunjungi yang lebih tua.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00