• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

LRT Jakarta Pasang Pintu Penahan Banjir

24 January
18:04 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: PT LRT Jakarta selaku moda transportasi Lintas Raya Terpadu Jakarta melakukan sejumlah langkah antisipasi untuk menghadapi musim hujan seperti saat ini. Mengingat intensitas hujan yang  tinggi sangat berpotensi menimbulkan terjadinya banjir.

LRT Jakarta yang kini berada di Kawasan Jakarta Timur dan Jakarta utara, masuk ke dalam sebagian wilayah rawan banjir. Sebagai langkah antisipasi, LRT Jakarta melakukan langkah preventiv dengan mempertinggi letak gardu utilitas dan elektrik mereka setinggi 1,5 meter pada permukaan tanah.

"Peninggian ini dilakukan sebagai salah satu langkah preventif dari naiknya elevasi air di permukaan jalan raya," kata Corporate Communication PT LRT Jakarta, Melisa Suciati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Dengan dilakukannya langkah tersebut, ia memastikan jalur LRT Jakarta saat ini tergolong aman.

"Saat ini, kondisi genangan air di sekitar lintasan jalur LRT Jakarta tergolong aman dan kereta LRT Jakarta beroperasi normal dengan headway 10 menit", ujar Melisa.

Berkaca dari pengalaman bencana banjir yang terjadi di awal tahun 2020 ini, LRT Jakarta pun melakukan langkah antisipatif tambahan. Diantaranya mengawasi status siaga air melalui metering elevasi muka air pada struktur bangunan gardu elektrikal dan utilitas, memasang floodgate (pintu penahan banjir) pada gardu utilitas di Stasiun Pulomas serta beberapa titik lift yang lokasinya terdeteksi rawan banjir.

Melisa mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan dan meningkatkan pelayanan terbaik kepda seluruh pelanggan.

"Petugas dan karyawan kami juga terus memantau dan melaporkan keadaan terkini di lapangan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00