• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Produk Makanan Halal Indonesia Dominasi Pasar Mesir

24 January
18:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Kairo : Berbagai produk makanan halal Indonesia telah mampu mendominasi pasar mancanegara. Mesir menjadi salah satu destinasi berbagai produk ekspor makanan halal dari Indonesia.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kairo, Aji Surya, mengatakan, berbagai produk makanan dan minuman Indonesia yang telah tersertifikasi halal, turut menjadi pertimbangan konsumen Kairo terhadap berbagai produk Indonesia.

“Indonesia memiliki peluang kuat untuk memasarkan produk makanan dan minuman halal di Mesir, ini karena Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Selain itu, produk Indonesia sudah tersertifikasi halal, diakui dan sesuai standardisasi otoritas Badan Pengawasan Ekspor Impor Mesir,” ungkap Aji Surya dalam keterangan resmi yang diterima redaksi RRI, Jumat (24/1/2020).

Aji Surya menambahkan, dengan demikian ini menjadi peluang besar bagi para pelaku industri makanan minuman dan produk halal lainnya dari Indonesia untuk penetrasi pasar ke Mesir.

“Sejak awal KBRI Kairo telah melakukan langkah-langkah pendahuluan guna menjajaki promosi dan peningkatan produk halal food Indonesia ke Mesir, dengan menindaklanjuti penandatanganan nota kesepahaman (MOU) antara PT Rodamas Inti Internasional dengan Egyptian Saudi Co Mesir yang telah dilakukan pada pameran dagang Trade Expo Indonesia (TEI) Oktober 2019 lalu senilai USD 5 juta dolar,” paparnya.

Sementara, perusahaan Mesir Egyptian Saudi Co telah memasarkan produk halal Indonesia sebut saja biskuit, kopi, permen dan makanan ringan lainnya. Produk-produk tersebut telah terdaftar secara resmi di Kementerian Perdagangan Mesir sejak pemberlakukan aturan registrasi perusahaan dan produk makanan 2016 lalu.

Selain itu, produk makanan halal lainnya yang telah membumi di kalangan warga Mesir adalah mie instan yang telah masuk sejak 1999 dan mendirikan pabrik pada 2009 di Badr City. Termasuk pula, salah satu merek kosmetik halal yang telah beredar di kalangan mahasiswi Indonesia dan Asia di Kairo.

Sedangkan, guna meningkatkan akses pasar produk makanan dan minuman halal Indonesia ke pasar Mesir, dan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Halal Industries Summit 2020 bertemakan “Promoting Halal Industries for Global Prosperity” yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober – 2 November 2020 di Indonesia, Aji Surya didampingi Atase Perdagangan, Irman Adi Purwanto Moefthi beserta staf melakukan kunjungan kerja pada 21-22 Januari 2020, ke Pelabuhan Port Sokhna, Provinsi Laut Merah untuk melihat dari dekat dan secara langsung bongkar muat kontainer pelabuhan produk-produk makanan dan minuman Indonesia yang diimpor Mesir.

Untuk diketahui, pada 2018, impor Mesir terhadap produk halal Indonesia mencapai USD 799,24 juta dan pada periode Januari – September 2019 mencapai USD 505,43 juta.

Produk halal Indonesia tersebut mendominasi 64,94% dari nilai total ekspor Indonesia ke Mesir sebesar USD 1,169 miliar pada 2018, dimana diantaranya yang berpeluang besar adalah minyak sawit dan turunannya, biji kopi, kelapa, produk makanan olahan, minyak nabati, coklat bubuk, rempah-rempah dan komoditas pangan lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00