• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Longsor, Dua Desa di Garut Terisolir dari Dunia Luar

25 January
01:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Garut : Jalan yang menghubungkan antar Desa Girimukti dan Desa Mekarsewu Kecamatan Cisewu Garut, Jawa Barat hingga kini terisolir pasca diterjang longsor yang terjadi Jumat siang akibat tingginya intensitas curah hujan.

"Tidak memutuskan akses jalan Desa saja, tapi longsor dengan anjang 10 meter dan lebar 3 meter itu juga telah memutuskan jaliran listrik PLN, dan jalan sepanjang 50 meter terancam karena memgalami retakan akibat pergerakan tanah," ujar Kabid Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Sopian, Jumat (24/01/2020).

Sementara itu di wilayah yang sama menurut Tubagus longsor juga telah menimbun sekitar 1,5 hektar lahan sawah warga dan juga mengancam 2 hektar lahan sawah warga lainnnya akibat retakan.

"Meski ada jalur alternatif lain, namun kondisinya hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan aksesnya terlalu jauh sehingga dikeluhkan oleh masyarakat," tambahnya.

Hingga kini belum ada upaya yang dilakukan oleh pemerintah hanya baru sebatas pemantauan dan pendataan terhadap korban oleh unsur Forkopincam Cisewu.

"Kami baru mendapat sebatas laporan dan belum dilakukan upaya evakuasi karena masih menunggu bantuan alat berat dari dinas PUPR Pemkab Garut," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00