• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Coronavirus : Demam Mencurigakan di Bandara Juanda, Langsung Diangkut!

25 January
01:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Bandara Juanda memperketat kedatangan penumpang penerbangan internasional khususnya dari China. Upaya tersebut sebagai antisipasi akan merebaknya virus Corona.

Terdapat dua titik yang menjadi kewaspadaan akan deteksi virus Corona. Selain di Terminal 2 yakni kedatangan penumpang penerbangan Internasional, kewaspadaan juga dilakukan di terminal Umroh T1.

Pengoptimalan alat deteksi suhu tubuh body thermal scanner juga lebih ditingkatkan. Pengawasan terhadap warga negara asing khususnya dari China juga menjadi pemantauan khusus.

"Kita berkoordinasi dengan Airline Angkasa Pura, bahwa pesawat yang akan landing kita pastikan kondisinya kita tahu. Kita punya informasi situasi dipesawat, lalu kalau memang sudah clear baru bisa landing," ungkap Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dr Budi Hidayat saat dikonfirmasi, Jumat (24/1/2020).

Ia menjelaskan, virus Corona tidak hanya menjadi warning bagi Indonesia, tapi juga menjadi perhatian dunia.

Alat pendeteksi suhu tubuh yang disiagakan di beberapa titik itu nantinya akan menangkap penumpang yang diduga terpapar virus. 

Beberapa skenario diakuinya telah dilakukan. Bahkan mekanisme ke rumah sakit rujukan telah dipetakan jika mendapati seorang suspect Corona.

"Kita sudah berkoordinasi dengan RSUD dr Soetomo, jadi kalau ada orang yang suspect langsung dirujuk," paparnya.

Kewaspadaan akan virus Corona tersebut kata Budi sekaligus menindak lanjuti surat edaran dari Kementerian Kesehatan.

Budi menyebut gejala virus Corona yakni demam, lemas, batuk kering dan sesak atau kesulitan bernapas. Hingga saat ini belum ada yang dapat mencegah penyakit akibat virus Corona. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00