• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Internasional

Fakta Virus Corona dari Beijing Sampai Texas

24 January
19:11 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Akibat merebaknya virus Corona yang diketahui berasal dari kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina, otoritas medis dan keamanan telah memutuskan untuk mengisolasi 10 kota lainnya untuk menghindari penyebaran wabah ke wilayah yang lebih luas lagi.

Sejak pagi hingga menjelang petang hari ini, terkuak beragam kejadian baik di Cina maupun negara-negara lain dimana orang-orang yang diduga terinfeksi mulai mendapatkan penanganan serius.

Berikut fakta-fakta mengenai virus Corona seperti dihimpun RRI, Jumat (24/1/2020):

1. Korban tewas resmi mencapai 26 orang, kebanyakan dari mereka di provinsi Hubei di Cina tengah. Hanya dua orang yang tewas di luar zona itu. Satu korban di luar Beijing dan yang lainnya di provinsi timur laut Heilongjiang, yang berbatasan dengan Rusia.

2. Lebih dari 800 orang di Cina telah dikonfirmasi terjangkit virus Corona baru sejauh ini.

3. Pemerintah Cina telah membatasi pergerakan sekitar 33 juta orang dengan mengisolasi jalur keluar dan masuk di beberapa tempat tertentu.

4. Sebuah rumah sakit dengan kapasitas 1.000 tempat tidur langsung dibangun di kota Wuhan khusus untuk menangani wabah Coronavirus, dan pihak berwenang di sana berharap untuk menyelesaikannya pekan depan.

5. Korea Selatan telah mengkonfirmasi kasus kedua virus Corona, terhadap seorang pria berusia 50-an yang telah bekerja di Wuhan awal bulan ini.

6. Jepang telah mengkonfirmasi kasus kedua virus Corona terhadap seorang warga Wuhan berusia 40-an yang tiba di Jepang pada 19 Januari 2020 lalu.

7. Thailand telah mengkonfirmasi kasus kelima dari Coronavirus baru, kata seorang pejabat kesehatan. Pasien itu adalah seorang wanita berusia 33 tahun dari Wuhan yang sedang berlibur.

8. Di Australia, setidaknya enam orang sedang dipantau karena diduga terjangkit virus Corona. Otoritas kesehatan masyarakat memperingatkan dunia kemungkinan akan melihat lebih banyak kasus dikonfirmasi di negara-negara luar China dalam beberapa hari mendatang.

9. Sebanyak 14 orang di Inggris sudah menjalani tes virus Corona di sana, dengan lima orang dinyatakan sudah bersih.

10. Amerika Serikat (AS) telah mengkonfirmasi satu kasus virus Corona di Seattle. Sementara itu, pihak berwenang di Texas sedang menyelidiki dugaan kasus kedua.

11. Komite darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyimpulkan bahwa masih terlalu dini untuk menyatakan darurat kesehatan masyarakat internasional, terhadap penyebaran virus Corona di China. 

“Ini belum menjadi darurat kesehatan global,” kata Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus. Demikian dilansir The Guardian, Jumat (24/1/2020).

12. Versi pertama vaksin penawar virus Corona baru bisa diuji coba pada musim panas. Dan akan dijual bebas melalui perusahaan obat mendekati akhir tahun mendatang. Demikian kata seorang pakar di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

13. Pemerintah Cina telah menangguhkan penerbangan keluar dari kota Wuhan, sekaligus mengisolasi akses masuk ke kota tersebut. Namun dalam perkembangannya, dengan menjalankan isolasi terhadap 10 kota di provinsi Hubei, Cina justru terancam chaos sebab puluhan juta masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatan karena takut terjangkit Corona tidak terlayani dengan baik. Polisi anti huru-hara sudah disiapkan otoritas keamanan sebagai antisipasi. (Foto: TheGuardian)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00