• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

KIP : Perlu Penelitian Buktikan Dugaan Kebohongan Informasi Yasonna

24 January
19:12 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisioner Informasi Pusat (KIP) menyesalkan terjadinya dugaan kebohongan informasi atau informasi yang tidak akurat yang diberikan pejabat publik di depan publik. 

Seperti diketahui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly diduga melakukan perintangan penyidikan terhadap tersangka Harun Masiku dengan memeberikan perbedaan informasi kabar keberadaan Harun Masiku tersebut.

Komisioner KIP Arif Adi Kuswardono mengatakan berdasarkan Undang-Undang KIP, setiap pernyataan penjabat di depan publik akan menjadi informasi yang terbuka.

"Orang boleh mengakses meminta data dukung. Kalau tidak akurat akan menjadi masalah. Ada konsekwensi di setiap pernyataan di ruang publik, pernyataan itu bisa langsung diklarifikasi," ujarnya.

Namun dengan adanya alasan Yasonna mendapat data tersebut dari kesalahan staf, maka perlu penelitian lanjut untuk membuktikan apakah pernyataan itu merupakan sebuah kebohongan publik.

"Kalau melihat dari penjelasan sementara yang saya dapat, sepertinya memang barangkali perlu penelitian. Informasi itu didapat dari masukan staf, staf mengatakan ada eror sistem. Data penerbangan yang masuk terlambat diinput. Kalau memang betul faktanya begitu, agak susah," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00