• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Warga Videokan Orang Buang Sampah Sembarangan Dapat Rp 100 Ribu

24 January
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Masyarakat Kota Padang Sumatera Barat yang nekat membuang sampah bukan pada waktu dan tempat yang telah diatur, siap-siap akan divideokan.

Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di sana, memberikan insentif sebesar Rp 100 ribu kepada setiap orang yang merekam oknum masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Video dikirim ke http://bit.ly/insentifsampah dengan mengisi formulir di https://forms.gle/XLrJqGjkJcAKCTyKA atau dengan scan code QR khusus yang telah disediakan DLH.

Kepala DLH Kota Padang Mairizon mengatakan, sikap ini diambil sebagai bentuk menggiatkan partispasi masyarakat untuk menjaga oknum masyarakat yang nakal tidak mematuhi peraturan. 

"Jelas orangnya, jelas tempatnya. Dua hal itu jadi syarat," ungkap Mairizon ketika dihubungi National Integrated Newsroom RRI, Jumat (24/1/2020).

Selanjutnya, pihaknya yakni penyidik DLH bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) akan memastikan tindakan itu dengan menemui pelaku. 

“Jadi ini salah satu bentuk shock therapy juga. Diharapkan masyarakat tidak akan berani lagi membuang sampah sembarangan, dan pada waktu di luar yang ditentukan," ujarnya.

Katanya, semua identitas yang berkaitan dengan pelapor akan dirahasiakan.

"Harusnya masyarakat sadar dengan langkah ini," pungkasnya. (Foto : rri.co.id)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00