• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Stadion Papua Bangkit Siap Gelar PON XX

24 January
22:03 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Jelang perhelatan akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, sejumlah fasilitas dan prasarana hampir selesai dibangun. Salah satunya yaitu Stadion Papua Bangkit yang sudah siap digunakan sebagai acara pembukaan dan penutupan ajang PON XX.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, Stadion Papua Bangkit digadang-gadangkan sebagai wujud nyata dari realisasi mimpi besar Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari timur.

"Stadion berstandar internasional ini mudah-mudahan bisa mendukung realisasi dari mimpi besar mengubah Jakartasentris dan Jawasentris menjadi Indonesiasentris," ujarnya saat meninjau langsung kesiapan Stadion Papua Bangkit di Jayapura, Papua, Jum'at (24/1/2020).

Lebih lanjut, Muhadjir berharap pembangunan Stadion Papua Bangkit dan pelaksanaan PON XX mampu membuka peluang dan menjadi pusat perekonomian dan peradaban di wilayah timur Indonesia.

"Kita tahu problem Indonesia adalah ketimpangan spasial antara wilayah timur dan wilayah barat. Dengan dibangunnya fasilitas olahraga yang luar biasa ini bukan hanya jadi kebanggaan, tetapi juga mempercepat pembangunan untuk mengejar ketertinggalan di wilayah timur," tegas Muhadjir.

Stadion Papua Bangkit dirancang dan dibangun dengan standar Ajax Amsterdam, menggunakan rumput Italia dengan kapasitas tribun mencapai 42 ribu. Rencananya, stadion termegah kedua setelah Stadion Gelora Bung Karno itu, akan didaftarkan ke FIFA sebagai lapangan internasional.

"Nanti kalau ada event-event internasional, kita bisa menawarkan ini," tuturnya.

Pada kesempatan sama, Kepala Pusat PSP Pendidikan, Olahraga, dan Pasar Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menambahkan bahwa pihaknya akan membangun infrastruktur jalan ke arah Kampung Harapan yang merupakan lokasi arena renang, istora, menembak, dan panahan.

"Kalau yang ke arah Doyo Baru tanggung jawab Pemprov Papua. Kementerian PUPR untuk yang ke Kampung Harapan. Itu sesuai amanat Inpres 10/2017 yang kemudian ditegaskan dalam Inpres No. 1/2020," tandasnya.

Pembukaan PON XX di Papua dijadwalkan akan berlangsung pada 20 Oktober sampai 2 November 2020 mendatang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00