• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tanpa Pesta Kembang Api, Perayaan Malam Imlek di Solo Tetap Meriah

25 January
05:19 2020
0 Votes (0)

KBRN Surakarta: Perayaan malam pergantian tahun baru Imlek 2571 di Kota Solo Jumat (24/1/2020) berlangsung sangat meriah kendatipun tidak ada pesta kembang api. Ribuan Lampion di kawasan Pasar Gede ini menjadi magnet masyarakat datang meramaikan perayaan Imlek.

Ribuan masyarakat dari berbagai daerah memadati kawasan Pasar Gede dan Balaikota Surakarta. Mereka juga menyaksikan festival Imlek dengan pertunjukan seni Liong dan barongsai yang diselenggarakan di halaman Balaikota Surakarta. 

Sementara Penganut Tridharma dalam malam tahun baru Imlek ini melakukan sembahyang di Klenteng Tien Kok Sie. Sembahyang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hari biasa, namun pada malam tahun baru ini ada ritual mandi Budha. 

Salah seorang warga keturunan Tionghoa Fredly kepada RRI mengatakan, sembahyang ini memohon yang terbaik selama satu tahun ke depan. Ia juga berharap bangsa ini akan lebih baik dan dalam lindungan yang maha kuasa.

"Shio apapun doanya yang terbaik untuk kita, keluarga kita sang bangsa kita. Semoga tahun ini lebih baik semuanya," ungkapnya.

Sementara itu Warga lainnya Budiyono menyebut perayaan tahun baru imlek dari tahun ketahun semakin meriah. Sebab kebudayaan Tionghoa kini sudah membaur dengan budaya warga pribumi/ bahkan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah. 

Budiyono mengungkapkan ibadah pada malam tahun baru imlek ada ritual khusus yakni mandi budha. Dalam kesempatan tersebut ada permohonan kepada Tuhan yang maha kuasa agar setahun kedepan selalu dilimpahkan kebaikan.

"Diberikan rejeki yang lancar hingga dijauhkan dari mala bahaya," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00